Minggu, 04 Oktober 2015

RPPH




Yayasan Bina Mulia Kedungwuni
PAUD IT TUNAS MULIA
Perum Villa Pisma Asri Blok A1 No.2 Desa Podo
Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan 51173
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN

Semester /  Minggu ke            : I / 1
Hari / Tanggal                         : Senin, 3 Agustus 2015
Kelompok / Usia                     : A / 4-5 tahun

Tujuan                                     : 1. Terbiasa bersyukur sebagai ciptaan Tuhan (KD 1)
                                                  2. Dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar (Kd 3.1 & 4.1)
                                                  3. Terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
4. Dapat menyebutkan nama diridan fungsi  anggota tubuh
                                                  5. Terbiasa memberi salam
                                                  6. Terbiasa mengikuti aturan
                                                  7. Dapat mengekspresikan diri dalam melukis dan menggambar.
  8. Dapat mengelompokan warna( merah, biru, kuning, bentuk dua dimensi ( persegi, segi tiga) bilangan (5-10)
9.Terbiasa berlaku ramah
10. Memahami cerita yang dibacakan.

Materi Pembelajaran               : 
                                                               
Muatan Lokal
Materi Umum
1.      Menirukan Q.S Al Fatihah
2.       Mulai menirukan Do’a  Sebelum Belajar
3.      Mulai menirukan Hadits Larangan Marah
4.       Mengenal makna Ar Rohman ( Maha Pengasih)
5.      Menyebut nama malaikat dan tugasnya ( Jibril / Menyampaikan wahyu)
6.      Meneladani 4 Sifat nabi ( sidiq, amanah, tabliq, fathonah)
7.      Manirukan nama-nama nabi
8.      Dapat menghafalkan rukun islam
9.       Shiroh sahabat
1.      Tubuhku ciptaan Tuhan,
2.      Do’a sebelum dan sesudah belajar,
3.      kebiasaan mencuci tangan danmenggosok gigi,
4.      nama diri dan nama anggota tubuh,
fungsi anggota tubuh, cara merawat anggota tubuh,
5.       aku senang memberi salam,
6.       aku senang mengikuti aturan main,
7.      aku suka melukis dan menggambar,
8.      pengelompokan warna( merah, biru, kuning, bentuk dua dimensi ( persegi, segi tiga) bilangan (5-10)
9.      Terbiasa berlaku ramah.
10.  aku suka mendengar cerita “Aku anak Sholih”





Kegiatan Main di        : Sentra Seni

PROSES KEGIATAN :
A.    Pijakan Lingkungan Main
Guru menyiapkan alat dan bahan main sesuai ragam main dan jumlah anak (densitas intensitas)
No
Uraian
Alat dan bahan
1
Kegiatan Imtaq
Buku Qiro’ati, Buku Tahfidz,
2
Kegiatan sentra Seni


a.    Melukis dg kuas
kertas, air, pewarna, gelas, kuas, lap

b.    Menggambar
Kertas, pensil

c.       c. Membentuk dari Plastisin
Plastisin

d.    Melipat
Kertas lipat

Pijakan sebelum main
B.I Pembukaan Mentoring (08.00 – 09.30 )
1.      Salam, Baris, Ikrar, Janjiku
2.      Asmaul Khusna 1- 20
3.       Membaca surat Al Fatuhah, berdo’a sebelum belajar, do’a pagi hari, do’a pembuka hati
4.      Kupas topik pembelajaran : Tubuhku ciptaan Allah
5.      Kegiatan Fisik Motorik : Melompat
6.      Kegiatan Imtaq : Murajaah surat pendek, melafalkan QS. Al Fatihah ayat 1-7
   - menirukan hadits larangan marah dan maknanya
   - Bercerita dan menunjukan anggota tubuh

Pembiasaan dan Pendampingan Bermain (09.30 -10.00 )
-          Cuci tangan , berdo’a sebelum dan sesudah makanan, makan snack
-          Bermain bebas.
 B.2. Pemukaan Sentra (10.00 -10.30)
1.      Mendengar cerita tentang Anggota tubuh
2.      Menyanyi Lagu aku
3.      Mengetahui gambaran tentang anggota tubuh
4.      Berdiskusi tentang anggota tubuh
5.      Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa syukur ketika mempunyai anggota tubuh yang lengkap.
6.      Menggunakan kata tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
7.       Mengenalkan kegiatan
8.      Menyepakati aturan.

B.     Pijakan saat main ( 10.30 – 11.00 )

1.     Melukis dg kuas
2.      Menggambar
3.      Membentuk dari Plastisin
4.      Melipat


C.    Pijikan setelah Main (11.00-11.30)

1.      Merapikan alat yang digunakan untuk bermain
2.      Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.      Menanyakan perasaan selama ini
4.      Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
5.      Menceritakan dan menunjukan hasil karyanya
6.      Pengulangan pengetahuan yang di sapat anak

D.    PENUTUP
1.      Bercerita Pendek yang berisi pesan-pesan
2.      Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
3.      Berdo’a setelah belajar
4.      Janji pulang sekolah
5.      Bersalaman dengan guru dan teman sekelas.

A.    RENCANA PENILAIAN
1.      Sikap :
a.       Mensyukuri anggota tubuh sebagai rizki Allah
b.      Dapat menggunakan anggota tubuh dengan baik
c.       Menunjukan sikap kreatif
d.      Menunjukan sikap jujur
2.      Pengetahuan dan ketrampilan
a.       Dapat menirukan QS. Al Fatihah ayat 1-7 / hadits larangan marah
b.      Dapat mengekspresikan diri dalam menggambar dan melukis
c.       Dapat mengembangkan motorik dengan melompat
d.      Dapat menyebutkan warna dan menceritakan gambar yang telas dibuat  pemahaman keaksaraan awal.


                                                                                               Kedungwuni,   Agustus 2015
Mengetahui
Kepala PAUD IT Tunas Mulia                                   Guru Kelas



Sri Handayani, A.Md.                                              Elin Dzikrillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar