Yayasan
Bina Mulia Kedungwuni
PAUD IT TUNAS MULIA
Perum Villa Pisma Asri Blok A1 No.2 Desa Podo
Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan 51173
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
Semester / Minggu ke :
I / 1
Hari / Tanggal : Senin, 3 Agustus 2015
Kelompok / Usia : A / 4-5 tahun
Tujuan : 1.
Terbiasa bersyukur sebagai ciptaan Tuhan (KD 1)
2.
Dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar (Kd 3.1 & 4.1)
3.
Terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
4. Dapat menyebutkan nama
diridan fungsi anggota tubuh
5.
Terbiasa memberi salam
6.
Terbiasa mengikuti aturan
7.
Dapat mengekspresikan diri dalam melukis dan menggambar.
8. Dapat mengelompokan warna( merah, biru, kuning, bentuk
dua dimensi ( persegi, segi tiga) bilangan (5-10)
9.Terbiasa berlaku ramah
10. Memahami cerita yang
dibacakan.
Materi
Pembelajaran :
Muatan
Lokal
|
Materi Umum
|
1. Menirukan
Q.S Al Fatihah
2. Mulai menirukan Do’a Sebelum Belajar
3. Mulai
menirukan Hadits Larangan Marah
4. Mengenal makna Ar Rohman ( Maha Pengasih)
5. Menyebut
nama malaikat dan tugasnya ( Jibril / Menyampaikan wahyu)
6. Meneladani
4 Sifat nabi ( sidiq, amanah, tabliq, fathonah)
7. Manirukan
nama-nama nabi
8. Dapat
menghafalkan rukun islam
9. Shiroh sahabat
|
1. Tubuhku
ciptaan Tuhan,
2. Do’a
sebelum dan sesudah belajar,
3. kebiasaan
mencuci tangan danmenggosok gigi,
4. nama
diri dan nama anggota tubuh,
fungsi anggota tubuh, cara
merawat anggota tubuh,
5. aku senang memberi salam,
6. aku senang mengikuti aturan main,
7. aku
suka melukis dan menggambar,
8. pengelompokan
warna( merah, biru, kuning, bentuk dua dimensi ( persegi, segi tiga) bilangan
(5-10)
9. Terbiasa
berlaku ramah.
10. aku
suka mendengar cerita “Aku anak Sholih”
|
Kegiatan Main di : Sentra Seni
PROSES KEGIATAN :
A.
Pijakan Lingkungan Main
Guru menyiapkan
alat dan bahan main sesuai ragam main dan jumlah anak (densitas intensitas)
No
|
Uraian
|
Alat dan bahan
|
1
|
Kegiatan Imtaq
|
Buku Qiro’ati, Buku Tahfidz,
|
2
|
Kegiatan sentra Seni
|
|
a.
Melukis dg kuas
|
kertas, air, pewarna, gelas, kuas, lap
|
|
b.
Menggambar
|
Kertas, pensil
|
|
c.
c. Membentuk dari Plastisin
|
Plastisin
|
|
d.
Melipat
|
Kertas lipat
|
B.I Pembukaan Mentoring (08.00 – 09.30 )
1.
Salam, Baris, Ikrar, Janjiku
2.
Asmaul Khusna 1- 20
3.
Membaca
surat Al Fatuhah, berdo’a sebelum belajar, do’a pagi hari, do’a pembuka hati
4.
Kupas topik pembelajaran : Tubuhku ciptaan Allah
5.
Kegiatan Fisik Motorik : Melompat
6.
Kegiatan Imtaq : Murajaah surat pendek, melafalkan
QS. Al Fatihah ayat 1-7
-
menirukan hadits larangan marah dan maknanya
-
Bercerita dan menunjukan anggota tubuh
Pembiasaan dan Pendampingan Bermain (09.30
-10.00 )
-
Cuci tangan , berdo’a sebelum dan sesudah makanan,
makan snack
-
Bermain bebas.
B.2.
Pemukaan Sentra (10.00 -10.30)
1.
Mendengar
cerita tentang Anggota tubuh
2.
Menyanyi
Lagu aku
3.
Mengetahui
gambaran tentang anggota tubuh
4.
Berdiskusi
tentang anggota tubuh
5.
Diskusi
yang harus dilakukan sebagai rasa syukur ketika mempunyai anggota tubuh yang
lengkap.
6.
Menggunakan
kata tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
7.
Mengenalkan kegiatan
8.
Menyepakati
aturan.
B.
Pijakan
saat main ( 10.30 – 11.00 )
1.
Melukis
dg kuas
2. Menggambar
3. Membentuk dari
Plastisin
4. Melipat
C.
Pijikan
setelah Main (11.00-11.30)
1.
Merapikan
alat yang digunakan untuk bermain
2.
Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Menanyakan
perasaan selama ini
4.
Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
5.
Menceritakan
dan menunjukan hasil karyanya
6.
Pengulangan
pengetahuan yang di sapat anak
D.
PENUTUP
1.
Bercerita
Pendek yang berisi pesan-pesan
2.
Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
3.
Berdo’a
setelah belajar
4.
Janji
pulang sekolah
5.
Bersalaman
dengan guru dan teman sekelas.
A.
RENCANA
PENILAIAN
1.
Sikap
:
a.
Mensyukuri
anggota tubuh sebagai rizki Allah
b.
Dapat
menggunakan anggota tubuh dengan baik
c.
Menunjukan
sikap kreatif
d.
Menunjukan
sikap jujur
2.
Pengetahuan
dan ketrampilan
a.
Dapat
menirukan QS. Al Fatihah ayat 1-7 / hadits larangan marah
b.
Dapat
mengekspresikan diri dalam menggambar dan melukis
c.
Dapat
mengembangkan motorik dengan melompat
d.
Dapat
menyebutkan warna dan menceritakan gambar yang telas dibuat pemahaman keaksaraan awal.
Kedungwuni, Agustus 2015
Mengetahui
Kepala PAUD IT Tunas Mulia Guru
Kelas
Sri Handayani, A.Md. Elin Dzikrillah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar