Pengembangan
|
Kompetensi yang Dicapai
|
Muatan/Materi Pembelajaran
|
Nilai Agama
dan Moral
|
1.1
Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptannya
|
·
Mengetahui sifat Tuhan sebagai
pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucap-kan kalimat
pujian terhadap ciptaan Tuhan
|
1.2
Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
·
Terbiasa merawat kebersihan
diri, tidak menyakiti diri atau teman, menghargai teman (tidak
mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua, menjaga dan merawat tanaman,
binatang peliharaan
|
|
2.13
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
·
Terbiasa
berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak
berbohong, meng-hargai kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan
haknya, mengerti batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, terus terang, anak senang
melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri
atau temannya
|
|
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1. Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
·
Doa-doa(doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa
sebelum dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar
agama,
tempat ibadah, dan lainnya sesuai dengan agama yang
dianut keluarga/orangtua, kecuali bila ada kesediaan orang tua
menggabungkan anaknya dengan kelompok lain
|
|
3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan
akhlak mulia
4.2. Menunjukkan periaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
·
Perilaku baik dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat; tata cara berbicara secara
santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta bantuan, cara
menyampaikankan terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata cara berdoa,
tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian, dll
|
|
Fisik
Motorik
|
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
· Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang,
menuci tangan, menggosok gigi, mandi, berpakaian bersih, membuang sampah,
menyayangi tanaman, melindungi diri dari percobaan kekerasan, menjaga
keamanan diri dari tempat dan benda berbahaya.
|
3.3. Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
4.3. Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
· Nama
anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjadi
anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan, koordinasi tubuh.
· Kegiatan
untuk latihan motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari, merayap, berjinjit, melompat, meloncat,
memanjat, bergelantungan, menendang, berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah dalam
menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: senam dan tarian dll).
· Keterampilan
motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan
pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui
kegiatan antara lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit,
mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll
|
|
3.4. Mengetahui
cara hidup sehat
4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
·
Cara merawat kebersihan diri (misal:
mencuci tangan, merawat gigi, mulut, telinga, hidung, olahraga, mandi 2x
sehari; memakai baju bersih) , memilih
makanan dan minuman yang sehat, makanan yang diperlukan tubuh agar tetap
sehat, cara menghindarkan diri dari bahaya (melindungi anggota tubuh yang terlarang :
mulut, dada, alat kelamin, pantat; waspada terhadap orang asing/tidak
dikenal).
|
|
Kognitif
|
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
|
·
Kebiasaan
anak yang selalu tertarik pada sesuatu yang baru atau yang belum biasa dia
lihat, aktif bertanya, berusaha mencoba atau melakukan sesuatu untuk
mendapatkan jawaban.
|
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
· kebiasaan anak yang memiliki daya cipta, banyak
gagasan, selalu aktif untuk melakukan sesuatu, tertarik pada sesuatu masalah
untuk diatasi, berani menghadapi tantangan, senang melakukan hal-hal baru,
tidak puas bila selalu mengulang hal yang sama, menggunakan benda atau bahan
belajar untuk membuat sesuatu, selalu optimis, senang menceritakan impian-impiannya
walaupun terkadang nampak berlebihan.
|
|
3.5 Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
·
Menetapkan
apa yang ingin dituju, mengenali masalah, mengetahui penyebab masalah,
mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah, mencoba dengan berbagai cara
untuk mengatasi masalah.
|
|
3.6 Mengenal
benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6 Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
|
·
Warna, bentuk dua dimensi
(persegi, segi tiga, lingkaran, segi panjang),
·
bentuk tiga dimensi (kubus,
bulat, limas, tabung),
·
ukuran (panjang-pendek, besar-kecil,
berat-ringan, sebentar-lama), bilangan (satuan, puluhan),
·
tekstur (kasar-halus,
keras-lunak),
·
suara (cepat-lambat,
keras-halus, tinggi-rendah),
·
pengelompokkan (berdasarkan
warna, bentuk, ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran, ukuran-bentuk,
warna-ukuran-bentuk),
·
seriasi (kecil-sedang-besar,
sangat kecil-lebih kecil-kecil-besar-lebih bar-paling besar),
·
pola (AB-AB, ABC-ABC, AAB-AAB).
·
Hubungan satu ke satu, satu ke
banyak, kelompok ke kelompok
|
|
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar,
bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
·
Keluarga (hubungan dalam
keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst),
·
teman (nama, ciri-ciri,
kesukaan, tempat tinggal dst),
·
lingkungan geografis (pedesaan/
pantai/ kota/ pegunungan),
·
kegiatan orang-orang (di
pagi/sore hari, dst), pekerjaan (petani, buruh, guru, dll),
·
budaya (perayaan terkait adat,
pakaian, tarian, makanan, dst),
·
tempat-tempat umum (sekolah,
pasar, kantor pos, kantor polisi, terminal, dst),
·
berbagai jenis transportasi
(transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu, dan sekarang).
|
|
3.8Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8 Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman,
cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
· Hewan
, misalnya; jenis (nama, cirri-ciri, bentuk),
· berdasarkan
lingkungan hidup (darat, udara, air),
· makanan
(herbivore, omnivore, carnivore),
· kelompok
hidup (hewan ternak/peliharaan/buas),
· tanaman
dikenalkan denga jenis (tanaman darat/air, perdu/batang, buah/hias/kayu,
semusim/tahunan),
· bermacam
bentuk dan warna daun dan bermacam akar),
· berkembang
biak (biji/ stek/ cangkok/ beranak/ membelah diri/daun),
· cara
merawat tanaman, dst, gejala alam (angin, hujan, cuaca, siang-malam, mendung,
siklus air, dst), tanah, batu, dst.
|
|
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan
rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
·
Nama benda,
·
bagian-bagian benda,
·
fungsi,
·
cara menggunakan secara tepat,
dan cara merawat. Alat dan benda yang dimaksud dapat berupa peralatan
sekolah, perabot rumah tangga, perkakas kerja, peralatan elektronik,
barang-barang bekas pakai.
|
|
Sosial
emosional
|
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya
diri
|
· Kebiasaan menyapa guru saat penyambutan,
· berani tampil di depan teman, guru, orang tua dan
lingkungan sosial lainnya,
· berani mengemukakan pendapat, menyampaikan
keinginan, berkomunikasi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya dengan
pengawasan guru,
· bangga menunjukkan hasil karya,
· senang ikut serta dalam kegiatan bersama,
· tidak berpengaruh pada penilaian orang tentang
dirinya.
|
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
· Terbiasa mengikuti aturan,
· tidak marah ketika diingatkan aturan oleh
temannya,
· mengingatkan temannya bila bertindak tidak sesuai
aturan
|
|
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
(mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk
melatih kedisiplinan
|
· Kesediaan diri untuk menahan diri,
· bersikap tenang, tidak lekas marah dan dapat
menunda keinginan,
· sikap mau
menunggu giliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara,
· tidak menangis saat berpisah dengan ibunya,
· tidak mudah mengeluh, tidak tergesa-gesa,
· selalu menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
· berusaha tidak menyakiti atau membalas dengan
kekerasan
|
|
2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
· Kebiasaan tidak bergantung pada orang lain,
· terbiasa mengambil keputusan secara mandiri,
· merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk
belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan
seperlunya
|
|
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli
dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
· Kebiasaan mau mengindahkan
dan memperhatikan kondisi teman,
· mau menemani teman melakukan kegiatan bersama,
· senang menawarkan bantuan pada teman atau guru,
· peka untuk membantu orang lain yang membutuhkan,
· mampu
menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasi,
· senang
mengajak temannya untuk berkomunikasi, bereaksi positif kepada semua temannya
|
|
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
kerjasama
|
· Perilaku anak yang menerima perbedaan teman dengan
dirinya,
· menghargai karya teman,
· tidak mentertawakan saat teman berbicara,
· tidak ingin menang sendiri,
· menghargai pendapat teman, mau berbagi,
mendengarkan dengan sabar pendapat teman,
· senang berteman dengan semuanya, mengucapkan
terima kasih atas bantuan yang diterima,
· mengucapkan kata maaf bila salah, memberi tahu
temannya dengan santuan bila melakukan kesalahan.
|
|
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri
|
· Perilaku anak yang dapat mengikuti kegiatan transisi,
· tetap tenang saat berada di tempat baru dengan
situasi baru misalnya saat bertamu, berada di pusat perbelanjaan, atau saat
bertemu dengan guru baru,
· menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam.
|
|
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
tanggungjawab
|
· Perilaku anak yang menunjukkan kesediaan diri
untuk menerima konsekuensi atau menanggung akibat atas tindakan yang diperbuat baik secara
sengaja maupun tidak disengaja,
· mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf,
· merapihkan/ membereskan mainan pada tempat semula,
· mengerjakan sesuatu hingga tuntas,
· mengikuti aturan yang telah ditetapkan walaupun
sekali-kali masih harus diingatkan,
· senang menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya
(misalnya piket sebagai pemimpin harus membantu menyiapkan alat makan, dst).
|
|
3.13Mengenal emosi diri dan
orang lain
4.13 Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
· Memahami
penyebab sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia menganggu
temannya akan marah, jika ia membantu temannya akan senang, jika bermain dapat
mengendalikan emosi dan saling berbagi.
|
|
3.14 Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14 Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
· Mengungkapkan
apa yang dirasakannya (lapar ingin makan, kedinginan memerlukan baju hangat,
perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu obat),
· memilih
kegiatan main yang ditawarkan,
· mengambil
makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan gagasan yang
dimilikinya,
· membuat
karya sesuai dengan gagasannya, dst
|
|
|
2.14 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik, dan teman
|
Perilaku tidak angkuh, ramah menyapa siapapun,
|
BAHASA
|
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan
berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
· Menjawab
dengan tepat ketika ditanya,
· merespon
dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,
· melakukan
sesuai yang diminta,
· menceritakan
kembali apa yang sudah didengarnya
|
3.11 Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
· Mengungkapkan
keinginannya, menceritakan kembali,
· bercerita
tentang apa yang sudah dilakukannya,
· mengungkapkan
perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat.
|
|
3.12 Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan
kemampuan keaksara-an awal dalam berbagai bentuk karya
|
· Warna,
bentuk,
· membaca
gambar, membaca symbol,
· menjiplak
huruf,
· mengenali
huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namanya,
· menuliskan
pikirannya walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak lengkap,
· mengucapkan
kata yang sering diulang-ulang tulisannya pada buku cerita,
· mengeja
huruf,
· membaca
sendiri.
|
|
Seni
|
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
· Menghargai keindahan diri sendiri, karya sendiri
atau orang lain, alam dan lingkungan sekitar,
· menjaga
kerapihan diri, dan
· menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar,
lukisan, pahat, gerak, atau bentuk seni lainnya,
· merawat kerapihan-kebersihan-dan keutuhan benda
mainan atau milik pribadinya.
|
3.15 Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
· Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya
|
Sabtu, 03 Oktober 2015
Materi Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar