Sabtu, 03 Oktober 2015

Materi Pembelajaran


Program
Pengembangan
Kompetensi yang Dicapai
Muatan/Materi Pembelajaran
Nilai Agama dan Moral
1.1  Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptannya
·   Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucap-kan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
1.2  Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
·   Terbiasa merawat kebersihan diri, tidak menyakiti diri atau teman, menghargai teman (tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua, menjaga dan merawat tanaman, binatang peliharaan
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
·   Terbiasa berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, meng-hargai kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, terus terang, anak senang melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau temannya
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

·   Doa-doa(doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama, tempat ibadah, dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orangtua, kecuali bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain
3.2  Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2. Menunjukkan periaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

·   Perilaku baik dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat; tata cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta bantuan, cara menyampaikankan terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata cara berdoa, tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian, dll

Fisik Motorik
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
·   Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang, menuci tangan, menggosok gigi, mandi, berpakaian bersih, membuang sampah, menyayangi tanaman, melindungi diri dari percobaan kekerasan, menjaga keamanan diri dari tempat dan benda berbahaya.
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

·   Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjadi anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan,  kelenturan,  koordinasi tubuh.
·   Kegiatan untuk latihan motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari, merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang, berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: senam dan tarian dll).
·   Keterampilan motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui kegiatan antara lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit, mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll
3.4. Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

·   Cara merawat kebersihan diri (misal: mencuci tangan, merawat gigi, mulut, telinga, hidung, olahraga, mandi 2x sehari;  memakai baju bersih) , memilih makanan dan minuman yang sehat, makanan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat, cara menghindarkan diri dari bahaya  (melindungi anggota tubuh yang terlarang : mulut, dada, alat kelamin, pantat; waspada terhadap orang asing/tidak dikenal).
Kognitif










2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

·   Kebiasaan anak yang selalu tertarik pada sesuatu yang baru atau yang belum biasa dia lihat, aktif bertanya, berusaha mencoba atau melakukan sesuatu untuk mendapatkan jawaban.
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
·   kebiasaan anak yang memiliki daya cipta, banyak gagasan, selalu aktif untuk melakukan sesuatu, tertarik pada sesuatu masalah untuk diatasi, berani menghadapi tantangan, senang melakukan hal-hal baru, tidak puas bila selalu mengulang hal yang sama, menggunakan benda atau bahan belajar untuk membuat sesuatu, selalu optimis, senang menceritakan impian-impiannya walaupun terkadang nampak berlebihan.
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

·   Menetapkan apa yang ingin dituju, mengenali masalah, mengetahui penyebab masalah, mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah, mencoba dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah.
3.6 Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
·   Warna, bentuk dua dimensi (persegi, segi tiga, lingkaran, segi panjang),
·   bentuk tiga dimensi (kubus, bulat, limas, tabung),
·    ukuran (panjang-pendek, besar-kecil, berat-ringan, sebentar-lama), bilangan (satuan, puluhan),
·   tekstur (kasar-halus, keras-lunak),
·   suara (cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah),
·   pengelompokkan (berdasarkan warna, bentuk, ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran, ukuran-bentuk, warna-ukuran-bentuk),
·   seriasi (kecil-sedang-besar, sangat kecil-lebih kecil-kecil-besar-lebih bar-paling besar),
·   pola (AB-AB, ABC-ABC, AAB-AAB).
·   Hubungan satu ke satu, satu ke banyak, kelompok ke kelompok
3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
·   Keluarga (hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst),
·   teman (nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst),
·   lingkungan geografis (pedesaan/ pantai/ kota/ pegunungan),
·   kegiatan orang-orang (di pagi/sore hari, dst), pekerjaan (petani, buruh, guru, dll),
·   budaya (perayaan terkait adat, pakaian, tarian, makanan, dst),
·   tempat-tempat umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi, terminal, dst),
·   berbagai jenis transportasi (transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu, dan sekarang).
3.8Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
·   Hewan , misalnya; jenis (nama, cirri-ciri, bentuk),
·   berdasarkan lingkungan hidup (darat, udara, air),
·   makanan (herbivore, omnivore, carnivore),
·   kelompok hidup (hewan ternak/peliharaan/buas),
·   tanaman dikenalkan denga jenis (tanaman darat/air, perdu/batang, buah/hias/kayu, semusim/tahunan),
·   bermacam bentuk dan warna daun dan bermacam akar),
·   berkembang biak (biji/ stek/ cangkok/ beranak/ membelah diri/daun),
·   cara merawat tanaman, dst, gejala alam (angin, hujan, cuaca, siang-malam, mendung, siklus air, dst), tanah, batu, dst.
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
·   Nama benda,
·   bagian-bagian benda,
·   fungsi,
·   cara menggunakan secara tepat, dan cara merawat. Alat dan benda yang dimaksud dapat berupa peralatan sekolah, perabot rumah tangga, perkakas kerja, peralatan elektronik, barang-barang bekas pakai.
Sosial emosional
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
·   Kebiasaan menyapa guru  saat penyambutan,
·   berani tampil di depan teman, guru, orang tua dan lingkungan sosial lainnya,
·   berani mengemukakan pendapat, menyampaikan keinginan, berkomunikasi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya dengan pengawasan guru,
·   bangga menunjukkan hasil karya,
·   senang ikut serta dalam kegiatan bersama,
·   tidak berpengaruh pada penilaian orang tentang dirinya.
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
·   Terbiasa mengikuti aturan,
·   tidak marah ketika diingatkan aturan oleh temannya,
·   mengingatkan temannya bila bertindak tidak sesuai aturan
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
·   Kesediaan diri untuk menahan diri,
·   bersikap tenang, tidak lekas marah dan dapat menunda keinginan,
·   sikap  mau menunggu giliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara,
·   tidak menangis saat berpisah dengan ibunya,
·   tidak mudah mengeluh, tidak tergesa-gesa,
·   selalu menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
·   berusaha tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan
2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
·   Kebiasaan tidak bergantung pada orang lain,
·   terbiasa mengambil keputusan secara mandiri,
·   merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
·   Kebiasaan mau mengindahkan dan memperhatikan kondisi teman,
·   mau menemani teman melakukan kegiatan bersama,
·   senang menawarkan bantuan pada teman atau guru,
·   peka untuk membantu orang lain yang membutuhkan,
·   mampu menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasi,
·   senang mengajak temannya untuk berkomunikasi, bereaksi positif kepada semua temannya
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
·   Perilaku anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,
·   menghargai karya teman,
·   tidak mentertawakan saat teman  berbicara,
·   tidak ingin menang sendiri,
·   menghargai pendapat teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat teman,
·   senang berteman dengan semuanya, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima,
·   mengucapkan kata maaf bila salah, memberi tahu temannya dengan santuan bila melakukan kesalahan.
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri
·   Perilaku anak yang dapat mengikuti kegiatan transisi,
·   tetap tenang saat berada di tempat baru dengan situasi baru misalnya saat bertamu, berada di pusat perbelanjaan, atau saat bertemu dengan guru baru,
·   menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam.
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
·   Perilaku anak yang menunjukkan kesediaan diri untuk menerima konsekuensi atau menanggung akibat  atas tindakan yang diperbuat baik secara sengaja maupun tidak disengaja,
·   mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf,
·   merapihkan/ membereskan mainan pada tempat semula,
·   mengerjakan sesuatu hingga tuntas,
·   mengikuti aturan yang telah ditetapkan walaupun sekali-kali masih harus diingatkan,
·   senang menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin harus membantu menyiapkan alat makan, dst).
3.13Mengenal emosi diri dan orang lain

 4.13 Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
·   Memahami penyebab sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia menganggu temannya akan marah, jika ia membantu temannya akan senang, jika bermain dapat mengendalikan emosi dan saling berbagi.
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
 4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
·   Mengungkapkan apa yang dirasakannya (lapar ingin makan, kedinginan memerlukan baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu obat),
·   memilih kegiatan main yang ditawarkan,
·   mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan gagasan yang dimilikinya,
·   membuat karya sesuai dengan gagasannya, dst

2.14  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
Perilaku tidak angkuh, ramah menyapa siapapun,
BAHASA
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
 4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
·   Menjawab dengan tepat ketika ditanya,
·   merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,
·   melakukan sesuai yang diminta,
·   menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
 4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
·   Mengungkapkan keinginannya, menceritakan kembali,
·   bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya,
·   mengungkapkan perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat.
3.12   Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain
4.12  Menunjukkan kemampuan keaksara-an awal dalam berbagai bentuk karya
·   Warna, bentuk,
·   membaca gambar, membaca symbol,
·   menjiplak huruf,
·   mengenali huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namanya,
·   menuliskan pikirannya walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak lengkap,
·   mengucapkan kata yang sering diulang-ulang tulisannya pada buku cerita,
·   mengeja huruf,
·   membaca sendiri.
Seni
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
·   Menghargai keindahan diri sendiri, karya sendiri atau orang lain, alam dan lingkungan sekitar,
·   menjaga  kerapihan  diri, dan
·   menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar, lukisan, pahat, gerak, atau bentuk seni lainnya,
·   merawat kerapihan-kebersihan-dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya.
3.15  Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
·   Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar